Suara Semesta Kota Cirebon) - Sambutan Walikota Cirebon dalam acara Hari Ulang Tahun (HUT) SMP Santa Maria ke-73 sekaligus penutupan Olimpiade Sain Tingkat SD se-wiliyah III Cirebon, diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon, Kadini, S,Sos., bertempat di aula SMP Santa Maria, Jalan Sisingamangaraja, Senin (24/10/2022).

Olimpiade Sain tingkat SD se-wilayah III Cirebon, juara 1 diraih oleh Kaisani Akila Junaquino dari SDN Kebon Baru 4, juara 2 diraih oleh Sherryn Paulsaeman dari SD Plus BPK Penabur, dan juara 3 diraih oleh Rafarl Torang Christian Yobel Siahaan dari SD Santa Maria.

Kadini menyampaikan amanat Walikota Cirebon, "Kepada para peserta kegiatan, saya ingin ucapkan selamat, karena telah berhasil menempa dirinya dalam sebuah kompetisi akademik. Meraih prestasi apapun harus disyukuri, apabila prestasi yang diraih belum maksimal, maka jadikan itu sebuah motivasi untuk belajar lebih keras dan meraih hasil yang lebih baik dimasa mendatang."

Olimpiade Sain tingkat SD, ini pasti memberikan manfaat sebagai pondasi awal bagi anak-anak usia SD untuk memahami Sain secara menyeluruh. Tuntutan Sain memungkinkan anak melakukan eksplorasi terhadap benda, baik benda hidup maupun non hidup yang ada disekitarnya. Dengan Sain juga, anak dapat menggunakan ke 5 indranya, untuk mengenal gejala benda maupun gejala peristiwa, ungkapnya.

Masih kata Kadini menyampaikan amanat Walikota, Anak dapat dilatih untuk melihat, meraba, membaur, merasakan dan mendengar. Semakin banyak keterlibatan dalam belajar, anak semakin memahami apa yang dipelajari, baik kopralog pengetahuan baru dari hasil pengindraannya dengan berbagai benda yang ada disekitarnya.

Pengetahuan dipilihnya akan berguna sebagai mode berfikir lebih lanjut. Melalui proses Sain, anak dapat melakukan percobaan sederhana, percobaan tersebut melatih anak menghubungkan sebab akibat dari suatu perlakuan hingga melatih anak berfikir logis. Dengan mengembangkan kemampuan berfikir anak diharapkan dapat mengolah perolehan belajar dan menemukan bermacam-macam alternatif pemecahan masalah.

Banyak manfaat yang bisa diperoleh jika anak sejak dini diperkenalkan dengan Sain, Sain melatih anak dengan bereksperimen beberpa percobaan, memperkaya wawasan anak, untuk selalu ingin mencoba dan mencoba, ujar Kadini. (Ule)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

stop