Suara Semesta (Cirebon) – Karang Taruna SEMIKAYA desa Wanakaya Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon, pada hari Minggu yang lalu telah melaksanakan jalan santai, dalam rangka, rangkaian kegiatan Ngunjung dan Sedekah Bumi yang merupakan acara adat masyarakat desa Wanakaya khususnya dan Kabupaten Cirebon pada umumnya. 

Pelaksanaan jalan santai tersebut, mengambil rute keliling jalan desa Wanakaya yang diperkirakan mencapai jarak kurang lebih 2 km, diikuti sekitar ratusan masyarakat  tua, muda dan anak-anak sangat berantusian mengikuti jalan santai.

Dalam kesempatan itu pembina Karang Tatuna SEMIKAYA Wasim mengungkapkan, kegiatan jalan santai ini, untuk memberikan motivasi pada generasi muda khususnya dan masyarakat desa Wanakaya pada umumnya, agar bisa berprilaku hidup sehat, karena dalam tubuh yang sehat terdapat  jiwa yang kuat, kata orang luar sana mengatakan Mens sana in corpore sano. 

Lebih lanjut Wasim mengatakan, acara jalan santai ini tidak ada muatan politis, hanya sekedar untuk menghibur masyarakat desa Wanakaya, khususnya generasi muda, agar bisa bersosialisasi dan beradaftasi dengan  lingkungan masyarakatnya.  Selain itu, generasi muda yang terhimpun dalam wadah Karang Tatuna SEMIKAYA DESA Wanakaya, bisa dijadikan tolak ukur dan tauladan oleh desa lainnya khususnya yang ada di Kecamatan Gunung Jati dan di Kabupaten Cirebon pada umumnya.

Sedangkan acara sedekah bumi ini sudah dilaksanakan secara turun-temurun sejak jaman orang tua kita dulu, yang merupakan wujud nyata rasa syukur masyarakat terhadap Allah SWT, setelah panen dan menjelang musim tanam kembali, yang disebut juga adat buka tanah, sebagai tanda akan dimulainya musim tanam padi.


Selain sebagai rasa syukuran, biasanya tidak ketinggalan dilaksanakan pagelaran wayang kulit siang malam, sebagai hiburan bagi masyarakat umum dan petani. Pada pagi harinya, selesai pagelaran wayang kulit, melaksanakan jiarah ke Makbaroh Sunan Gunung Jati yang dikenal dengan nama lain Syech Syarif Hidayatullah, aamin 3x  yaarobbal aalamin.  (MUH)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

stop