Suara Semesta 
(Kota Cirebon) - Puncak Festival Milm Kampung Cirebon tahun 2022, bertempat di Terminal Harjamukti, Selasa (21/12/2022). Milemin kampung sendiri atas sebuah kegiatan publik untuk melakukan evaluasi. Milemin kampung sendiri sebagai alat mewjudkan tentang keadaan kampungnya.

Oleh karena itu, disampaikan Ketua Dewan Juri Festival Milm Kampung Cirebon, peristiwa yang di Komandoi Bapak Walikota Cirebon, adalah sebuah keberanian tuntas untuk menilai dan mampu. Sebab ada dua peluang, film-film kampung yang sempat kami saksikan dan diskusikan dengan dewan juri.

Peluang pertama adalah, ada beberapa kampung yang mengevaluasi dirinya kemudian mengangkat kekuatan-kekuatannya yang kemudian menjadi netizer sebagai destinasi wisata yang bisa mengangkat dan mendongkrak nilai keekonomian.

Peluang kedua adalah ngampung jujur, evaluasi jujur ​​dari warga kampung di Cirebon berupa sakidah menampilkan apa adanya dari keadaan kampungnya. "Walikota Cirebon sungguh luar biasa pembuat rencana", ujar Ketua Dewan Juri.


Masih kata Ketua Dewan Juri, evaluasi jujur ​​seperti inilah yang kemudian bisa dikelola dengan efektif semacam musrenbang, sehingga akhirnya Kota Cirebon memiliki konsepsi pembangunan kedepan berdasar evaluasi yang kongkrit dan jujur.

Pada kesempatan ini, Walikota Cirebon, Nashrudin Azis, atas nama Pemerintah Daerah Kota menyampaikan terima kasih dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada salah satu seniman Kota Cirebon yang biasa kita kenal dengan nama Didi Kampleng.

Walikota juga berterima kasih kepada Anggota DPRD, Dani Mardani, Edi Suripno, yang sudah berkolaborasi mewujudkan apa yang menjadi harapan Pemda Kota Cirebon.

Dikatakan Azis dalam pidatonya, milm kampung ini adalah yang pertama di Indonesia, karena pesertanya adalah RW-RW yang ada di Kota Cirebon. Ini adalah ide berlian dari salah satu seniman kita dengan para anggota DPRD Kota Cirebon dalam upaya bagaimana menggali potensi yang ada.

“Melalui Festifal Milm Kampung ini, yang pesertanya adalah seluruh RW yang ada di Kota Cirebon, ini akan mengungkapkan seberapa besar potensi yang ada di Kota Cirebon,” ucap Azis.

“Saat ini kita harus percaya diri, bahwa Cirebon sejajar dengan Kota-Kota lain di Indonesia, bahkan didunia.”

Mendalami Festival Milm Kampung ini, menurut Azis, kita tunjukan kepada dunia, bahwa Cirebon memiliki karakternya sendiri, bahwa Cirebon sejajar dengan Kota-Kota besar di dunia dalam bidang kesenian, dalam bidang sejarah.

Walikota juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh RW yang telah membuat karya besarnya melalui Festival Milm Kampung ini.

Semoga Festival Milm Kampung ini, jadi motivasi kita Pemerintah Daerah, Pemerintah Propinsi Jawa Barat, bahkan Pemerintah Pusat, melalui Kang Herman (Herman Khaeron / kang Hero) anggota DPR RI partai Demokrat Dapil VIII sebagai putera daerah Cirebon untuk mengorbitkan Kota Cirebon ke ajang Internasional, pungkas Azis. (Ule)









Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

stop