Suara Semesta (Kota Cirebon) - Rapat koordinasi sebagai bentuk upaya peningkatan pengelolaan arsip bagi perangkat daerah. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Cirebon, Gunawan, ATD, DEA., dalam acara Rapat Koordinasi Kearsipan Tahun 2022, diruang Berlian Hotel Zamrud, Rabu (7/12/2022).

“Kami ingin keberadaan arsip di perangkat daerah terdata dan tersimpan dengan baik. Selain itu, arsip sebagai bukti pertanggungjawaban perangkat daerah,” tuturnya.

Dalam rapat koordinasi, pihaknya memberikan penghargaan kepada sejumlah instansi perangkat daerah yang dianggap telah melakukan pengelolaan dan pendokumentasian arsip dengan baik.

Perangkat yang mendapat penghargaan pertama yaitu Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), kedua yaitu Dinas Pendidikan (Disdik), kemudian Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUTR).

“Penghargaan diserahkan langsung oleh Wali Kota Cirebon. Penghargaan untuk memotivasi perangkat daerah bisa mengelola arsip dengan baik,” kata Gunawan.

Sementara itu Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nashrudin Azis, S.H., mengatakan, Inovasi berbasis elektronik perlu digali dalam sistem kearsipan di Kota Cirebon. Hal ini agar kearsipan berorientasi pada prinsip-prinsip kecepatan, ketepatan, dan keakuratan.

"Salah satu upaya mengoptimalkan peran pemerintahan di era digital dalam penyelenggaraan kearsipan,” kata Azis.

Menurutnya, arsip merupakan dokumen penting dan dapat menjadi referensi untuk mengambil kebijakan. Sebab, arsip dapat dijadikan bukti autentik dan terpercaya bagi perangkat daerah dalam mempertanggungjawabkan setiap kegiatan yang dilaksanakan.

“Saya meminta seluruh perangkat daerah untuk dapat melihat ulang pelaksanaan pengarsipan, apakah telah sesuai dengan manajemen pengarsipan atau belum,” ujarnya.

Keberhasilan kearsipan, lanjut Azis, sangat bergantung pada sinergitas, kebijakan, pembinaan, dan pengelolaan kearsipan. Selain itu, harus didukung sumber daya manusia, sarana, dan prasarana yang berkualitas.

“Ini bentuk komitmen bersama untuk mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang baik, tata kelola kearsipan yang tertib dan profesional,” tutur Azis. (Ule)



Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

stop