Suara Semesta 
(Kabupaten Cirebon) - Dewan Pimpinan Cabang Pejuang Siliwangi Indonesia Kabupaten Cirebon (DPC-PSI) dan Ikatan Wanita Pejuang Siliwangi Indonesia menyelenggarakan Jalan santai sesuai rencana pada Hari Minggu tanggal 25 Desember 2022 mulai bintang pukul 07.00 dari Sekretariat Jl. Sunan Gunung Jati menuju Pendopo Rumah Dinas Bupati Cirebon Jl. Kartini No. 17 Kota Cirebon, peserta Jalan santai dilepas oleh Danramil 0620/01 Gunung Jati Cirebon Kapten Edi dan diterima oleh Bupati Cirebon Drs. H. Imron, M.Ag.

Ketua DPC Pejuang Siliwangi Indonesia Kabupaten Cirebon Mustamid, AM, S.Pd., S.H., M.H., C.LA., yang juga jabatan sebagai Direktur LBH dan HAM Sunan Gunung Jati Indonesia menyampaikan kegiatan jalan santai yang dimaksud adalah melaksanakan program kegiatan organisasi secara berkala, kegiatan jalan santai ini bermaksud melatih fisik anggota kita agar badan kita selalu prima, dengan badan kita sehat tidak ada halangan dalam melakukan aktivitas kesehariannya. Ujar Mustamid.

Yang kedua melaksanakan apa yang diamanatkan oleh Pasal 27 ayat (3) “Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara“ jo Pasal 30 Ayat (1) Undang-undang Dasar 1945 “Bahwa tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pertahanan dan keamanan negara”. Intinya fungsi Bela Negara menjaga keutuhan NKRI dan merupakan panggilan sejarah dan gunanya membentuk sikap disiplin waktu, aktivitas dan kegiatan lainnya.

Yang ketiga penyelenggaraan jalan santai ini merupakan uji coba kemampuan anggota kita secara fisik dan mental dalam menyongsong gelar pasukan Pejuang Siliwangi Indonesia se-Jawa Barat dengan estimasi diikuti 5000 anggota direncakan di selenggarakan di Cirebon. Keberhasilan dan tidaknya acara ini sangat dibutuhkan dukungan dari para pihak termasuk pemerintah daerah, hal ini akan dikordinasikan dengan Ketua DPP PSI Walikota Jendral TNI R. Gautama Wiranegara dan Ketua DPD Provinsi Jawa Barat Kolonel TNI Endang Y Budiawan dan Penasehat Letnan Jendral TNI H. Yayat Sudrajat , SE dan saya berharap pada acara ini Bapak Mentri Pertahanan dapat hadir sekaligus memberikan arahan-arahanya. Tutur Mustamid.

Sementara itu, Danramil Gunung Jati Kapten Edi, menyambut baik atas prakarsa dan tujuan penyelenggaraan jalan santai ini yang dimotori oleh pak Mustamid sangat positip dan perlu diikuti oleh ormas lainya, saya yakin dengan basic Mustamid sebagai Dosen dan Ketua Pengacara Cirebon Pejuang Siliwangi Indonesia Kabupaten Cirebon akan berkibar, saya merasa terhormat diminta oleh Mustamid untuk melepas peserta jalan santai muda-mudahan selamat sampai tujuan dan diberikan kekuatan semuanya, Aamin, selesai.

Menurut Ketua Ikatan Wanita Pejuang Siliwangi Indonesia Kabupaten Cirebon Marwah, SST, MM Kami Iwapsi selalu mendukung kegiatan yang diselenggarakan oleh Ketua DPC PSI Pak Mustamid dan kami sendiri Iwapsi ada kegiatan rutin setiap akhir bulan sekali. Hal senada diungkap oleh Komandan Provos Drs. Susmito, MT dan Ketua Divisi Korp Wira Bhakti Ahmad Yasin. Menyampaikan kami sebagai anggota selalu mengawal kebijakan dan Program-program organisasi, saya menghimbau kepada masyarakat apabila ada pihak-pihak yang mengatasnamakan Pejuang Siliwangi Indonesia Kabupaten Cirebon agar diharapkan kepada yang bersangkutan menanyakan KTA yang masih berlaku dan SK dari ketua DPC, apabila tidak bisa menunjukan dipersilahkan pelaporan pada pihak Kepolisian, menyimpulkan.

Sementara Bupati Cirebon Drs.H. Imron, M.Ag., menyampaikan dalam sambutanya di ruang Pendopo Bupati, saya sangat mengapreasiasi kegiatan jalan santai yang diselenggarakan oleh Pejuang Siliwangi dalam rangka memperingati Hari Bela Negara yang diprakarsai oleh Kang Mustamid, Pejuang Siliwangi Indonesia adalah ormas yang berkomitmen mempertahaakan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, menghargai beragamnya suku bangsa, bahasa dan agama, hal itu dapat dipersatukan dalam bingkai Pancasila.

Lanjut Bupati, diingatkan berpesan kepada Pejuang Siliwangi untuk selalu waspada menjaga lingkunganya, apalagi ada orang yang berprilaku aneh dan selalu menyendiri. @Q-har


Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

stop