Suara Semesta (Kabupaten Cirebon) - Dalam rangka peningkatan wawasan dan pengetahuan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Cirebon mengadakan pelatihan kemitraan dengan mengundang 50 peserta pelaku UMKM. Bertempat di Hotel Koening, Jalan Tuparev Cirebon, Rabu (14/12/2022).

Kegiatan ini mendatangkan nara sumber dari salah satu Toko terbesar di Cirebon, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag), dan Pegadaian.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Cirebon, Dadang kepada media menjelaskan, kenapa pihaknya mengundang nara sumber dari pihak luar adalah agar pelaku UMKM bisa bermitra dengan pihak luar.

"Pelatihan kemitraan adalah agar pelaku UMKM bisa menjalin kerjasama dengan pihak luar, yang artinya sharing profitnya sudah ada," ujarnya.

Ditambahkan Dadang, contoh kemitraan yang sudah berjalan seperti produk - produk pelaku UMKM yang ada di Hotel - hotel, di centra oleh - oleh, indomart dan alfamart.

Dinas Koperasi dan UMKM juga bekerjasama dengan pihak Pegadaian dalam hal ini membantu para pelaku UMKM dengan penawaran produk - produk unggulan demi mempermudah pelaku UMKM.

Tujuan dari pelatihan ini adalah memberikan wawasan dan pelatihan kepada para pelaku UMKM. "Dengan difasilitasi Pemerintah dalam hal ini Dinas Koperasi dan UMKM, para pelaku UMKM bisa lebih mudah menurus perijinan seperti PIRT serta NIB dan bisa lebih maju lagi," pungkas Dadang. (Ule)

Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

stop