Suara Semesta (Kabupaten Cirebon) - Istilah korupsi tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. korupsi seakan tak lepas dari kehidupan kita - tentu bukan hal yang patut dibanggakan. Kata Nanang Kalnadi, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Manggala Garuda Putih Kabupaten Cirebon, saat mengahadiri seminar peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Harkorda), di Gedung Setda Kabupaten Cirebon ruang Nyi Mas Gandasari, Jum'at (9/12/2022).

Menurutnya, korupsi adalah suatu perilaku buruk, penyalahgunaan wewenang dan kekuasaan untuk mendapatkan keuntungan pribadi atau kelompok. Itu perilaku melanggar hukum, menyimpang dari norma dan moral. Bisa terjadi di lembaga pemerintah ataupun swasta.

"Korupsi terjadi karena ada niat dan kesempatan, di tambah lagi karena merasa punya kekuasaan, orang melakukan korupsi didasari dari ketidak jujuran dan mempunyai perilaku yang buruk," ujar Nanang.

Nanang sangat bangga, peringatan Hakorda yang diselenggarakan oleh Aliansi Rakyat Cirebon Anti Korupsi (RACAK), semoga bisa membawa dampak positif dan peringatan buat para pemangku kebijakan agar lebih berhati - hati dalam menjalankan amanahnya.

Sementara itu, Ade Riyaman Ketua Umum RACAK, mengatakan, dirinya membuat acara seminar tersebut untuk mengingatkan para pemangku kebijakan yang ada di wilayah kerja Kabupaten Cirebon agar tidak melakukan budaya korupsi.

Ade juga berpesan kepada para pemangku kebijakan di Kabupaten Cirebon untuk memajukan Kabupaten Cirebon harus transparan dan terbuka karena pemerintah pusat sangat besar mengucurkan dana buat pembangunan di berbagai sektor di wilayah Kabupaten Cirebon.

Maka dari itu RACAK akan terus mengawasi kinerja para pemangku kebijakan untuk menjaga amanah dan sumpah jabatan demi membangun Kabupaten Cirebon dan mensejahterakan masyarakat Kabupten Cirebon serta memajukan pembangunan di Kabupaten Cirebon.

Dirinya ingin pemerintah Kabupaten Cirebon lebih memperhatikan lagi fasilitas umum jalan raya. Karena menurutnya jalan di Kabupaten Cirebon masih banyak yang perlu diperbaiki. Cirebon daerah timur, barat, utara, masih perlu diperhatikan, jalan rusak dan berlubang sangat merugikan dan membahayakan pengguna jalan saat melintas terutama di musim penghujan, pungkas Ade. (Ule)

Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

stop