Suara Semesta (Kabupaten Cirebon) - Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Cirebon (DKKC) yakni H. Sulama Hadi, siap akan mensuport dan membangkitkan kembali kesenian-kesenian yang ada di kabupaten Cirebon, yang mati enggan hidup tak mau.

Hal itu di katakan H. Sulama Hadi, pada saat prosesi pengukuhan pengurus Dewan Kesenian Kabupaten Cirebon (DKKC) oleh Bupati Cirebon Drs. H. Imron Rosyadi, M.Ag., pada hari Rabu 8 Februari 2023 malam, bertempat di aula pendopo Bupati Kabupaten Cirebon.

"Alhamdulilah, jadi untuk periode 2022 sampai dengan 2027, kami di percaya oleh pemerintah Kabupaten Cirebon untuk memimpin kesenian-kesenian di Kabupaten Cirebon," kata H. Sulama Ketua DKKC yang baru saja dilantik.

Ia berharap pihaknya ingin kembali mensuport dan membangkitkan kembali progres kesenian-kesenian yang ada di Kabupaten Cirebon.

"Sebagaimana harapan Pak Bupati yang tentunya di program unggulan Pak Bupati, dalam rangka pemberdayaan budaya yang ada di Kabupaten Cirebon," ujar Sulama kepada suarasemesta.co.id

"Kalau berbicara sementara kegiatan apa, kita baru memulai mas, karena kami baru di lantik," sambungnya.

Jadi, dengan pengukuhan kepengurusan DKKC ini, pihaknya ingin merubah minset DKKC sekarang akan lebih membahana dan lebih agresif dan sinergis dengan pemerintah daerah.

Karena, perlu di ketahui bahwa, kata H. Sulama, pihaknya menaungi 560 sanggar yang ada di Kabupaten Cirebon, jadi pihaknya berharap agar, kedepannya itu akan lebih bangkit lagi menghidupkan kesenian-kesenian yang ada di Kabupaten Cirebon.

"Jadi mudah-mudahan mereka yang sekarang lagi mati enggan hidup tak mau, pengen saya bangkitkan lagi, terutama bagi 60 jenis kesenian yang ada di kabupaten Cirebon ini, di antaranya ada 32 jenis kesenian yang mati enggan hidup tak mau gitu loh," tuturnya saat ditemui awak media suarasemesta.co.id disela acara pelantikan.

Ia juga menambahkan bahwa, yang termasuk tergabung dalam DKKC ini adalah semua unsur seni yang ada di Kabupaten Cirebon, termasuk dangdut dan lain sebagainya yang ada unsur seninya.

Karena menurutnya bahwa, di Kabupaten Cirebon ini memiliki 60 jenis kesenian, jadi ia akan bertekad sekuat tenaga untuk membangkitkan kembali kesenian- kesenian yang ada di Kabupaten Cirebon.

Selanjutnya, perlu diketahui bahwa DKKC ini adalah wadah dari para seniman-seniman dan budayawan yang ada di Wilayah Kabupaten Cirebon, dan kepengurusan itu terdiri dari para seniman dan budayawan itu sendiri. (Ule)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

stop