Suara Semesta (Kabupaten Cirebon) - Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah X Jawa Barat, Ambar Triwidodo mengapresiasi ide dan gagasan yang dilakukan oleh teman-teman di SMK Samudra Nusantar yang membuat atau mengagendakan kegiatan sarasehan dan loka karya.

Menurutnya ini sesuatu yang kami harapkan, karena dalam membangun pendidikan juara khususnya di Kabupaten Cirebon perlu kolaborasi dengan berbagai macam pihak salah satunya kita harus duduk bareng agar semua konsep pengembangan mutu sekolah bisa berdampak bagus.

"Kalau ada kolaborasi dari semua, terutama di mitra industri, pemerintah daerah, teman-teman SMK teman-teman media ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam rangka peningkatan mutu yang taglinenya menjadi sekolah juara," ujar Ambar kepada suarasemesta.co.id disela acara.


Tujuannya untuk mendekatkan antara mitra industri atau dunia industri dengan temen-temen di SMK karena nanti lulusan SMK adalah tujuan akhirnya bekerja. "Bagaimana kalau mereka tidak mengenal dunia industri tiba-tiba bekerja," sambung Ambar.

Dalam hal ini, lanjut Ambar, kepala sekolah harus mengenal dunia industri yang ada di sekitar wilayah Kabupaten Cirebon. Sehingga harapan kami di Dinas Pendidikan, lulusan SMK yang di Kabupaten Cirebon bisa terserap di dunia industri yang ada di Kabupaten.

Pihaknyapun sudah melakukan kontrak kerjasama dengan pihak industri, akan tetapi prosentasinya sangat kecil sekali karena kita punya 2.700 industri sehingga itu yang akan kita dorong. Ini adalah langkah awal untuk membuat MOU yang lain sehingga kerja samanya bisa lebih intens.

Ambar berharap pembangunan di Kabupaten Cirebon harus didukung oleh semua bukan hanya milik pemerintah atau kami, media juga punya peran mohon beritakan yang bagus dan kami suka mengapresiasi teman-teman media yang sudah meliput hal-hal yang baik kemudian apa yang kita cita-citakan bersama bahwa lulus SMK itu menjadi Garda terdepan dalam proses pembangunan di Kabupaten Cirebon.

Lebih lanjut untuk pengangguran di Kabupaten Cirebon menurut data BPS masih menyampaikan bahwa 11% pengangguran terbuka itu didomisi SMK. Mungkin langkah yang akan kami ambil adalah bagaimana meningkatkan kompetensi anak-anak kita agar bisa segera terserap, salah satunya dengan kegiatan ini lebih mengenal lebih dekat terkait dunia industri.

Sementara itu, Niken dari SMK Samudra Nusantara yang juga sebagai Ketua Carier Center Office Program dan Lembaga Penelitian SMK Samudra Nusantara menyampaikan, Alhamdulillah kami bersama PT Halo mengadakan kegiatan sarasehan dan lokakarya kemudian dilanjutkan dengan forum grup diskusi bersama PT Halo Indonesia Teknologi di Hotel Aston hari Rabu 8 Februari 2023.

Adapun tujuan dari kegiatan hari ini yang pertama adalah memberikan gambaran secara utuh bahwa ke depan Teknologi akan sangat maju kemudian kita masyarakat juga secara sumber daya manusia harus selalu mengupgrade, karena kemajuan ekonomi itu pasti, salah satunya didukung oleh kemajuan telnologi.

Niken berharap mudah-mudahan kegiatan ini dapat memberikan impact khususnya bagi dunia Pendidikan Kabupaten Cirebon.

"Alhamdulillah kalau untuk lulusan SMK Nusantara ini hubungan dengan industri mitranya sangat terjalin dan lulusan kami sudah langsung masuk ke dunia industri sudah masuk terserap di dunia ini karena kurikulumnya juga kami sudah menyesuaikan dengan dunia usaha dunia industri," pungkas Niken. (Ule)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

stop