Suara Semesta (Bangkalan) - DINAS Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bangkalan bakal merenovasi empat Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) di Kabupaten Bangkalan tahun 2023 ini. Empat sekolah itu antara lain SMPN 1 Kamal, SMPN 1 Klampis, SMPN 4 Bangkalan dan SMPN 1 Labang.

Biaya untuk renovasi empat sekolah tersebut dianggaran sekitar Rp 4 miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2023.

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SMP Dinas Pendidikan (Disdik) Bangkalan, Heru Aliwardhana mengungkapkan, perbaikan empat sekolah itu masih direncanakan. Menurutnya, penentuan penerima DAK itu adalah wewenang pemerintah pusat.

"Ini masih rencana. Kemungkinan ada 4 sekolah. Karena ini adalah usulan dari beberapa tahun yang lalu," ungkapnya saat dikonfirmasi, Senin (13/02/2023).

Heru menjelaskan, anggaran untuk masing-masing sekolah tidak sama, sesuai kerusakan atau kondisi yang dilaporkan di Data Pokok Pendidikan (dapodik) oleh masing-masing sekolah.

"Tapi anggaran masing-masing sekolah sekitar Rp 1 miliar, sesuai tingkat kerusakannya. Sekarang sedang dihitung oleh Dinas Perusahaan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Bangkalan," jelasnya.

Mantan Kepala SMPN 1 Socah itu juga mengatakan, DAK tersebut tidak serta-merta didapatkan, melainkan harus melalui usulan dua tahun sebelumnya dan sesuai pelaporan di Dapodik.

"Kalau mengusulkan sekarang, kemungkinan dua tahun lagi baru dapat. Makanya kami selalu menekankan kepada operator sekolah agar selalu mengupdate Dapodik dan laporkan sesuai kondisi yang ada," ucapnya. (Faisol)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

stop