Suara Semesta (Bitung) - Bakal calon legislatif (Bacaleg) DPRD Kota Bitung untuk Pemilu 2024 yang tercatat maju dari Partai Perindo Dapil IV Lembeh-Aertembaga dengan Nomor Urut 1 adalah putra asli Pulau Lembeh yang bernama SERKA (Purn). Tomy Lumuhu, SH., MH., CPLC., CPCLE.

Ada hal menarik yang dilakukan Embo Tom sapaan akrab Sang Sersan Putra Lembeh itu ketika mendaftar ke KPU Kota Bitung. Yaitu, dirinya telah membayar nazarnya dengan berjalan kaki sepanjang 19 kilo meter.

Tomy berjalan sendiri selama kurang lebih 2 (dua) jam dari pelabuhan penyeberangan Lembeh Ruko Pateten ke Kantor KPU Kota Bitung pada tanggal 14 Mei 2023, tepat saat batas pendaftaran seluruh caleg ditutup.


Tomy Lumuhu yang merupakan pria kelahiran Pulau Lembeh Pasirpanjang, Kota Bitung 31 Agustus 1975 itu dikenal pantang menyerah.

Hal itu dibuktikan dengan kegigihannya dalam menempuh pendidikan pertama kali di SD GMIM Pasirpanjang pada tahun 1987, yang kemudian setelah lulus dirinya melanjutkan ke SMP Negeri Papusungan tahun 1990.

Setelah lulus dari SMP, dirinya kembali berjuang demi mendapatkan pendidikan yang setara, walau keterbatasan biaya dan hanya dibantu oleh pamannya, Tomy nekat harus menyebrangi Pulau Lembeh sampai ke Kota Bitung, tepatnya di SMEA Negeri Bitung sampai tahun 1993 kala dirinya menjadi siswa di sekolah itu.

Usai dinyatakan lulus dari SMEA tahun 1993, Tomy yang ingin melanjutkan pendidikannya sampai ke tingkat akademisi tersebut hanya bisa pasrah dengan ketikdakmampuan ekonomi keluarganya, sehingga dirinya memutuskan untuk kerja serabutan berselang beberapa waktu.

Tomy yang gagah berani dengan tubuh kecil kala itu mulai bangkit dengan semangat hidup yang baru, dirinya yang mendengar ada pendaftaran TNI waktu itu lantas ikut mendaftar tanpa berfikir lama.

Proses demi proses telah Tomy lewati, namanya akhirnya keluar sebagai calon Tamtama.

Pendidikan militer pun kala itu ia jalani dengan semangat juang yang sudah tertanam sejak kecil.

Tomy yang merupakan tentara remaja waktu itu memulai karir dari Secatam, selanjutnya Dikjur Ta If, Secaba Reg If, Susba Intel dn 2 kali mengikuti Tar MTT.

Karirnya di TNI cukup terbilang sukses, hal itu terlihat dari kerja kerasnya dengan beberapa satuan yang pernah ia bertugas, Tamtama Yonif Linud 700/BS WYC, BP Tamtama Staf Intel Kodam VII/Wirabuana, Tamtama Denintel Kodam VII/Wirabuana, Bintara Denintel Kodam Kodam VII/Wirabuana, Bintara Intel Kodim 1310/Bitung, Bintara Intel Korem 131/STG, Bintara Denintel Kodam VII/Wirabuana dan Bintara Denintel Kodam XIII/Merdeka. Dan pada tahun 2020 ia mengajukan pensiun dini.

Sementara atas apa yang telah Tomy perbuat untuk bangsa dan negara, kini dapat ia tunjukan untuk keluarganya dan orang-orang yang sedari kecil mensupport setiap langkahnya, yaitu dengan sederet penghargaan yang telah ia terima.

Tomy berhasil meraih 4 (empat) Penghargaan Presiden RI dan Penghargaan Komandan Satuan sewaktu ia bertugas di TNI.

Disamping tugasnya sebagai TNI kala itu, Tomy Lumuhu meneruskan niatnya untuk menjadi akademisi. Itupun ia buktikan dengan sejejer gelar yang kini berbaris di belakang namanya dengan melanjutkan Studi di Univ Indonesia Timur Makassar, kemudian melanjutkan Pendidikan Profesi Advokat, Pendidikan Konsultan Hukum dan Pendidikan Ahli Hukum Kontrak Pengadaan Barang dan Jasa.

Tak hanya itu, saat Tomy Pensiun Dini dari TNI-AD, dirinya kembali berkarir menjadi Advokad untuk tetap mengabdikan diri kepada masyarakat yang kurang mampuh dalam memperoleh keadilan hukum.

Selanjutnya atas dorongan dari keluarga, dan sahabat, serta rekan-rekannya, sekarang ia terjun ke politik dengan jabatan di Partai Politik sebagai Wakil Ketua DPW Partai Perindo Sulut dan ikut dalam Kontestasi Pileg 2024 sebagai Bacaleg Partai Perindo Dapil IV Lembeh-Aertembaga dengan Nomor Urut 1 (satu).

Kemudian Tomy juga bergabung dibeberapa Ormas dan lembaga-lembaga di Kota Bitung, diantaranya, Ormas POLA, Ormas ISRA, LBH Bitung, PPAD Sulut, KPK TIPIKOR, RSI, PPWI, SPRI, LPBH NU, dan Media Online Lensa Berita. (Zulkifli/Faisol).
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

stop