Suara Semesta (Indramayu) – Acara Pelepasan siswa-siswi atau yang sering disebut Pawidya, kerap kali diselenggarakan oleh Sekolah Negeri maupun Swasta setiap satu tahun sekali menjelang akhir Semester 2, setelah Ujian Kenaikan Kelas dan Ujian Akhir Sekolah untuk kelas tingkat akhir. Seperti halnya yang diselenggarakan oleh Sekolah Menengah Atas Swasta (SMAS) Muhammadiyah Haurgeulis, bertempat di Aula TK Alam Muhammadiyah Kecamatan Haurgeulis, Sabtu (24/06/23).

Gebyar kemeriahan semarak Pawidya yang cukup sederhana, namun tidak mengurangi kesan yang mendalam bagi siswa-siswinya. Hal ini dapat terlihat ketika peserta mengikuti acara inti Pawidya yang terdiri dari acara Sungkeman, Pengalungan medali kelulusan dan sesi ramah tamah dengan para guru dan orangtua siswa. Suasana Haru dan khidmat sangat terasa ketika detik-detik akhir para peserta mengikuti acara inti pelepasan siswa.

Dalam Sambutan yang disampaikan oleh Ketua Pendidikan Dasar dan Menengah Perguruan Muhammadiyah (DIKDASMEN) Bapak H. Ali Nurdin, S.Pd., MM.Pd. Sangat berharap para siswa dan siswi yang dilepas kembali kepada orangtuanya dapat mengamalkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang selama ini diajarkan.

“Harapan kami semoga para alumni dapat berguna bagi bangsa dan agama juga berbakti kepada orangtuanya, kami juga mengharapkan Kemajuan SMAS Muhammadiyah dapat meningkat pesat dengan kualitas alumni yang hebat dan bermanfaat,“ pungkas beliau.

Diungkapkan pula oleh Kepala Sekolah SMAS Muhammadiyah yang baru menjabat 2 bulan berjalan, Ibu Erni Susanti, S.Pd. “Sesuai dengan moto acara pada Pawidya tahun ini yaitu membangkitkan generasi cerdas, terampil, berwawasan, berakhlak dan mengimplementasikan keberagaman. Tentunya kami sangat berharap siswa dan siswi yang dilepas pada tahun ini bisa menjadi pioneer generasi muda yang semangat dalam berkarya dan menggali terus potensi dirinya,“ ungkap beliau.

Tamu Undangan yang turut hadir pada acara tersebut diantaranya PAC Aisyiah Kabupaten Indramayu, Sesepuh Pendiri Perguruan Muhammadiyah Kecamatan Haurgeulis, dan PAC Muhammadiyah Kabupaten Indramayu.

Pada kesempatan lain, team kami juga menyempatkan diri mengunjungi Acara Serupa yang diselenggarakan oleh UPTD SDN 2 Cipancuh Haurgeulis dan UPTD SDN Pasirmuncang Gantar. Kemeriahan Acara tersebut sangat beragam, terlebih Acara Hiburan dan Pementasan Bakat siswa dan siswi sangat mewarnai Semaraknya Acara Pawidya pada tahun 2023 ini.

Seperti yang dungkapkan Bapak Aditya Wisnu Wardhana, S.Pd., Ketua Panitia Pawidya UPTD SDN Pasirmuncang Gantar “Kami sangat mengapresiasi keberagaman Bakat dan Potensi siswa yang bisa ditampilkan pada kesempatan yang berbahagia ini, dengan harapan melatih keberanian siswa untuk mengeksplorasi diri dengan karya yang positif," ungkapnya.

Hal senada diucapkan oleh Ketua Panitia Pawidya UPTD SDN 2 Cipancuh Haurgeulis, Ibu Eliyah, S.Pd., M.Pd. “Kami turut serta memberikan wadah kreatifitas siswa agar dapat mengembangkan dirinya, minimal menguji mental dan keberanian siswa agar dapat tampil didepan masyarakat dengan karya nyata yang dapat menghibur dan mudah-mudahan bermanfaat.“ Ucapnya.

Kedua sekolah tersebut juga dihadiri oleh Pimpinan Pemerintah Kecamatan Setempat yang mendukung penuh dengan acara tersebut. Seperti halnya UPTD SDN 2 Cipancuh Diharidi oleh Bapak Camat Haurgeulis dan UPTD SDN Pasirmuncang Gantar dihadiri oleh Kepala Desa Baleraja Gantar. (Alif)

 
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

stop