Suara Semesta (Kab. Berau) - Ibu Anugrah Wati di sapa Bu Wati, merintis usahanya sejak tahun 2015 pada awalnya memulai usaha batu akik dan memutuskan untuk fokus mendirikan usaha souvenir khas Kalimantan.

"Terlihat ramai pengunjung di lapak souvenirnya yang ikut meramaikan event Pesta Rakyat Warga Berau. Senin, 19/06/2023 di lapangan GOR, Tanjung Redep. Dengan berjualan Souvenir atau oleh-oleh khas Kalimantan yang sudah berlangsung seminggu.

"Diterangkannya kepada awak media, "Dari Tahun 2016 hingga tahun 2023 sekarang Ia berjualan souvenir di tokonya yang beralamat di pasar Adilayas kilo 5. Selain itu juga berdagang di lokasi pameran atau event yang diadakan oleh swasta dan pemerintah

"Dengan tekad yang kuat, Bu Wati terus menambah produk-produk khas Kalimantan atau souvenir mulai dari pakaian Adat Dayak, kaos Dayak, kain batik Dayak, gelang, cincin, anting, yang terbuat dari olahan kerang, kayu, batu dan lainnya. Ia terus mengutamakan kualitas yang dimana produknya terus menjadi incaran pelanggannya," terang Wati.

Apa saja produk andalan yang di tawarkannya ke pengunjung dan pelanggannya? Kaos sablon corak Dayak, tas rotan.

Lanjutnya, selain itu juga ada obat tradisional seperti minyak Dayak, madu Kalimantan, kayu bajakah, kayu pasak bumi, yang bermanfaat untuk kesehatan. Jika berminat bisa datang ke Toko Batiwakkal Souvenir, yang beralamat di Pasar Adilayas LT.2 samping Food Court, Pasar Kilo 5 Tanjung Redep atau hub. Nomor Hp: 0813- 5018-6345.

Lalu apa yang membuat usahanya terus berkembang hingga sekarang motivasinya adalah mencintai produk khas daerah Kalimantan adalah bentuk syukurnya yang tinggi. Sebab dengan produk inilah yang memperkenalkan namanya hingga keluar daerah membangun relasi dan membawa usahanya banyak pelanggan.

"Alhamdulillah banyak berkah yang di dapat dari usaha oleh-oleh Kalimantan. Pesanan hingga dari luar daerah seperti Jakarta, Surabaya dan Bali, sampai dari luar negeri memesan produk-produknya," lanjutnya.

Walau bukan seorang pengrajin namun banyak bermitra dengan pengrajin di setiap daerah. Membeli produk kerajinan dari berbagai daerah Kalimantan agar produknya terus bertambah dan mempromosikan serta mengangkat nama baik daerah khususnya Kabupaten Berau.
Berdikari dan mandiri saja sudah cukup  ikut andil berkontribusi untuk pemerintah lewat acara pesta rakyat atau event yang di laksanakan oleh pemda maupun swasta, tutupnya. (TS)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

stop