Suara Semesta (Cirebon) - Forum Wartawan Cirebon (FWC) hadiri Acara Basuh Pusaka Kasultanan Kacirebonan dalam memperingati 1 Muharram atau 1 Suro pada Kamis, (20/07/2023).

Forum Wartawan Cirebon mendapatkan undangan khusus dari Sultan Kacirebonan, Sultan Abdul Gani Natadiningrat, yang juga sebagai Dewan Pembina Organisasi Forum Wartawan Cirebon.

Ketua Forum Wartawan Cirebon, Jarot, mengaku bangga bisa menjadi bagian dari acara ini, ia pun mengajak agar para Jurnalis senantiasa menjaga kelestarian adat dan budaya.

"Alhamdulillah sebagai putra daerah Cirebon saya sangat bangga, ayo rekan-rekan Jurnalis buktikan kalau kita juga bisa berkontribusi dalam menjaga kelestarian budaya," tuturnya (20/07/2023).

Selain itu, Jarot juga menyampaikan rasa terimakasih kepada Kasultanan Kacirebonan yang telah mengundang Forum Wartawan Cirebon, ia pun berkomitmen bahwa FWC akan senantiasa bersinergi dengan siapapun dalam menjaga kelestarian budaya.

"Saya mewakili rekan-rekan FWC sangat sangat berterimakasih atas perhatian dari Kasultanan Kacirebonan, khususnya Pembina kami Mama Sultan Abdul Gani yang selalu perhatian dengan FWC," paparnya.

"Kami FWC juga berkomitmen, siap bermitra dengan siapapun dalam menjaga kelestarian budaya nenek moyang kita," sambung Jarot.

Sementara itu, Kasultanan Kacirebonan melalui abdi dalemnya yang akrab disapa Mama Agus, sedikit bercerita tentang acara tersebut, ia menjelaskan sejarah-sejarah Kasultanan dan beberapa acara yang biasa di adakan dalam memperingati 1 Muharram atau 1 Suro di Kasultanan Kacirebonan.

"Tiap satu suro kami selalu menggelar Basuh Pusaka yang berada di Keraton Kacirebonan, dan malam harinya ada Adzan Pitu, Kirab, Pagelaran Wayang Kulit, Istighosah atau Do'a Bersama, Makan Tumpeng, dan terakhir acara Ramah Tamah," kata Mama Agus.

Selain Forum Wartawan Cirebon, Acara Basuh Pusaka Kasultanan Kacirebonan juga dihadiri oleh para Tokoh Cirebon, seperti Irjen Pol. Dr. Agung Makbul, Anggota DPR-RI H. Herman Khaeron, serta beberapa Perkumpulan seperti Padepokan Wungkal Djati Kusuma dan masih banyak lagi. **
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

stop