Suara Semesta (Kaltim) -  Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Kaltim menggelar Workshop Jurnalistik Program Penurunan Emisi Karbon Forest Carbon Partnership Facility – Carbon Fund (FCPF-CF) di Kaltim, Kamis 27 Juli 2023.

Kegiatan satu hari diinisiasi Bagian Materi dan Komunikasi Pimpinan (MKP) Biro Adpim Setda Provinsi Kaltim di Ballroom Hotel Fugo Samarinda, dibuka Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Kaltim Hj Syarifah Alawiyah, dengan nara sumber Ketua Harian Dewan Daerah Perubahan Iklim (DDPI) Kaltim Profesor H Daddy Ruhiyat, Yayasan BIOMA Akhmad Wijaya dan tokoh pers Kaltim Syafruddin Pernyata.

Atas nama Pemerintah Provinsi Kaltim, Karo Adpim Syarifah Alawiyah menyampaikan apresiasi atas kehadiran para jurnalis mengikuti workshop Program FCPF-CF di Kaltim.

"Kehadiran teman-teman wartawan disini menunjukkan komitmen dan kepedulian kita bersama dalam menghadapi perubahan iklim dan menjaga hutan serta sumber daya alam," kata Yuyun, biasa Syarifah Alawiyah disapa.

Terlebih lagi lanjutnya, masalah perubahan iklim telah menjadi tantangan terbesar yang dihadapi oleh dunia saat ini.

Dampaknya sudah mulai terasa, dimana bumi sedang mengalami perubahan suhu yang signifikan, cuaca ekstrem dan bencana alam akibat emisi gas rumah kaca yang berlebihan.

"Langkah-langkah nyata untuk mengurangi emisi karbon dan menjaga kelestarian lingkungan menjadi suatu keharusan bagi kita semua," tegasnya.

Menurut dia, Program FCPF-CF di Kaltim dimulai sejak 2015, merupakan inisiatif yang strategis dan kontruktif dalam upaya global untuk menurunkan emisi karbon.

Program ini ungkapnya, bertujuan untuk mendorong pelestarian hutan dan pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan.

"Bahkan memberikan insentif bagi negara-negara yang berkomitmen untuk mengurangi tingkat deforestasi dan degradasi hutan, seperti Indonesia," ujarnya. **
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

stop