Suara Semesta (Kabupaten Cirebon) – Camat Suranenggala Masrukhin, S.STP., M.H., memimpin Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78. Upacara diikuti para staf Kecamatan, TNI/Polri, ASN, Panwaslu, Pemdes yang di hadiri Kuwu se Kecamatan Suranenggala, OKP, para siswa siswi tingkat SD sampai SMA, anngota Pramuka, PMR, tokoh masyarakat, serta Satuan Polisi Pamong Praja di lingkungan alun alun Kantor Desa Surakarta. Kamis,17 Agustus 2023.

Siswa Siswi SMA Negeri 1 Kapetakan yang ditunjuk sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Kecamatan Suranenggala, Kabupaten Cirebon telah siap mengibarkan Sang Saka Merah Putih Pada acara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke78 Tahun.

Upacara diawali dengan pengibaran Bendera Pusaka Merah Putih diiringi lagu Indonesia Raya, pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia oleh Inspektur upacara, dilanjutkan mengheningkan cipta.

Dengan mengangkat temaTerus Maju Untuk Indonesia Maju, Masrukhin dalam pidatonya menyampaikan, Peringatan dan upacara HUT Kemerdekaan dilaksanakan setiap tahun, namun jangan sekedar seremoni dan perayaan semata.

"Peringatan ini sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kita kepada para pahlawan, bagi pendahulu kita yang telah berjuang membebaskan bangsa dari cengkaraman penjajah," katanya.

Perayaan setiap tahun lanjutnya, harus memberi dan membawa makna perubahan yang lebih baik, setelah bangsa merdeka terbebas dari penjajahan.

Terlebih lagi ujarnya, semboyan bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai para pahlawannya, harus dijunjung tinggi.

"Peringatan ini menjadi semangat bagi kita terus mengobarkan semangat juang dan pengorbanan mengisi kemerdekaan, seperti dilakukan para pahlawan, pejuang kemerdekaan kita," harapnya.

Khusus bagi pemuda, harapnya, harus mewarisi semangat para pahlawan dengan tetap menjadi pahlawan di bidang dan keahliannya masing-masing.

Sebentar lagi kita memasuki era bonus demografi, maka pemuda sekarang ini akan menjadi pejuang dan pemimpin masa depan Indonesia nantinya, ujar Camat Suranenggala.
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

stop