Suara Semesta -
 Pemerintah pusat dan Pemda Kabupaten Indramayu, berusaha untuk memenuhi segala kebutuhan pokok masyarakat apalagi terkait dengan kebutuhan pangan, pemerintah akan melakukan berbagai macam upaya agar kebutuhan pangan tersedia dan harga terjangkau oleh masyarakat.

Gerakan Pangan Murah (GPM) merupakan upaya bersama untuk meringankan beban masyarakat di tengah kenaikan harga beras saat ini.

Untuk memastikan pelaksanaanya berjalan lancar, Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina memonitoring langsung pelaksanaan GPM yang bertempat di 2 (dua) lokasi yakni di halaman Balai Desa Sleman Lor Kecamatan Sliyeg dan halaman Kantor Kecamatan Jatibarang, Selasa (27/2/2024).


Pemerintah Kabupaten Indramayu kolaborasi bersama dengan Perum Bulog Kantor Cabang Indramayu menggelar kegiatan operasi pasar beras murah di Kecamatan Sliyeg dan Kecamatan Jatibarang.

Di Kecamatan Sliyeg jumlah beras yang disediakan sebanyak 35,850kg dan Kecamatan Jatibarang sebanyak 38 ton. Selain beras juga disediakan minyak sayur, gula pasir dan tepung terigu serta diadakan pula Bazar UMKM dengan harga murah.

Selain untuk meringankan beban masyarakat, GPM juga merupakan komitmen Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina dalam mengendalikan inflasi daerah dan menstabilkan pasokan dan harga pangan jelang bulan Ramadan.

“Gerakan pangan murah yang diselenggarakan pada hari ini merupakan satu upaya dari Pemerintah Kabupaten Indramayu untuk pengendalian inflasi daerah serta dalam rangka membantu memenuhi kebutuhan pokok masyarakat dengan harga di bawah pasar,” kata Hj.Nina Agustina

GPM yang digelar di 2 tempat tersebut sangat dirasakan oleh masyarakat, Jani (50) warga Desa Majasih Kecamatan Sliyeg, Tursinah (50) warga Desa Jatisawit dan Budiyanto (42) warga Desa Jatibarang Kecamatan Jatibarang mereka bersyukur dan sangat terbantu dengan adanya Gerakan Pangan Murah ini.

“Terima kasih kepada Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina yang telah mengadakan Gerakan Pangan Murah ini, kalau bisa sih dilakukan secara rutin di desa-desa karena ini sangat bermanfaat bagi kami masyarakat kecil,” papar mereka serempak.

Seperti diketahui Gerakan Pangan Murah ini selain masyarakat mendapatkan kupon pembelian beras sebanyak 5 kilogram dengan harga murah Rp54.500,- juga bisa melakukan pembelian langsung untuk minyak goreng Rp. 15.000/liter, gula Pasir Rp. 17.000 dan terigu di stan Bulog.

Kegiatan GPM di dampingi langsung oleh Wakil Kepala Bulog Indramayu, Desi Ekarti Kusumasari mengatakan, program pemerintah Indramayu melalui Bulog menyalurkan bantuan pangan untuk di 2 Kecamatan ini sebanyak 73.850 kg (73,8 ton) dan alhamdulillah telah kami distribusikan sesuai kebutuhan,"jelasnya.

"Pihak Bulog Indramayu menyiapkan beras jenis SPHP (Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan) yaitu beras untuk menstabilkan harga yang diterapkan untuk pendistribusian di Kecamatan Sliyeg dan Jatibarang. Kita sebarkan beras  SPHP dan gerakan pangan murah tujuannya untuk meredam harga beras menjelang bulan ramadhan,"terang Desi.

GPM ini akan dilaksanakan di tempat dan waktu berbeda di 31 kecamatan di Kabupaten Indramayu. (Herman)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

stop