Suara Semesta - (Jakarta, Kemenag) –UIN Siber Cirebon, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menerima Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera Utama dari Presiden Joko Widodo pada Rabu, 14 Agustus 2024. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Presiden di Istana Negara, Jakarta.

Tanda Kehormatan adalah penghargaan negara yang diberikan oleh Presiden kepada individu, kesatuan, institusi pemerintah, atau organisasi atas jasa dan kesetiaan luar biasa terhadap bangsa dan negara. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009 dan Peraturan Pemerintah Nomor 35 Tahun 2010, Tanda Kehormatan dibagi menjadi tiga jenis: Bintang, Satyalancana, dan Samkaryanugraha. Bintang Mahaputera merupakan Tanda Kehormatan tertinggi setelah Bintang Republik Indonesia.

Menurut Pasal 28 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009, Bintang Mahaputera diberikan kepada individu yang memenuhi syarat: 1) telah berjasa luar biasa di berbagai bidang yang bermanfaat bagi kemajuan, kesejahteraan, dan kemakmuran bangsa dan negara; 2) menunjukkan pengabdian dan pengorbanan di bidang sosial, politik, ekonomi, hukum, budaya, ilmu pengetahuan, teknologi, atau bidang lain yang sangat bermanfaat bagi bangsa dan negara; dan/atau 3) memiliki darma bhakti dan jasa yang diakui secara luas di tingkat nasional dan internasional.

“Sesuai namanya, Tanda Kehormatan ini bukan hanya untuk saya pribadi, tetapi sebuah kehormatan untuk kerukunan Indonesia,” ujar Menag di Jakarta.

Menag Yaqut menyampaikan rasa syukur kepada Allah SWT dan terima kasih kepada Ibunda, Nyai Hj Muchsinah Cholil, atas perawatan dan pendidikan yang diberikan. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo atas kepercayaan untuk memimpin Kementerian Agama.

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada para kiai, ulama, habaib, dan tokoh lintas agama yang terus bersinergi dalam merawat kerukunan umat dan meningkatkan kualitas kehidupan keagamaan di Indonesia. Menag Yaqut juga mengapresiasi doa jemaah haji yang setiap tahun memohon kemajuan dan kemakmuran untuk Indonesia, serta seluruh ASN Kementerian Agama atas kinerja bersama dalam menghadirkan kementerian yang melayani semua agama.

Editor: Redaksi Suara Semesta
Sumber: Humas Kementerian Agama RI
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

stop