Suara Semesta - Kabupaten Cirebon
    Sejumlah dana yang digelontorkan Pemerintah Pusat yang langsung diterima masing-masing desa merupakan salah satu wujud nyata pembangunan berskala nasional yang bertumpu ditiap desa dan harus dirasakan oleh penerima manfaat dengan layak.

    Tak terkecuali Desa Kedungdawa, desa yang terletak di tengah wilayah Kecamatan Kedawung ini, beberapa waktu yang lalu  telah menerima dana desa tersebut yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional serta dari beberapa sumber dana lainnya.

    Salah satu kebijakan H. Sanita Wijaya, selaku Kuwu Kedungdawa adalah menempatkan beberapa pembangunan infrastruktur desa di beberapa titik yang merupakan skala prioritas bagi fasilitas umum warganya. “Semoga lokasi pembangunan ini dapat sesuai dengan harapan dan tujuan warga Kedungdawa sehingga dapat menerima manfaat dari hasil pembangunan ini, karena bagaimanapun dan tersebut adalah dari rakyat dan oleh rakyat serta kembali untuk rakyat,” ujarnya lirih.



    Salah satunya yang sedang dibangun dari Dana Desa tersebut adalah Desa Wisata yang terletak di Blok Gunder, berupa kolamrenang dan beberapa fasilitas didalamnya yakni : Musholla dan beberapa gazebo (tempat lesehan) yang sudah terbangun tak terkecuali taman bermain anak sebagai salah satu bentuk edukasi terhadap anak anak di masa mendatang,”Kita menyediakannya untuk umum dan khususnya masyarakat Desa Kedungdawa dan nantinya akan berbayar, karena sebagai salah satu usaha meningkatkan pendapatan asli desa khususnya bagi karang taruna dan lainnya. Sehingga diharapkan pemuda kami dapat lebih terbina dengan baik selain berpenghasilan cukup ,” ujarnya.



    Ditempat yang sama, salah seorang selaku tokoh masyarakat yang enggan namanya disebutkan mengungkapkan secara politis pelaksanaan pembangunan Desa Kedungdawa, “Saya sebagai putra Desa Kedungdawa sangat berharap agar Dana Desa yang sedang digelar dapat amanah dan bermanfaat serta untuk Kuwu H. Sanita dapat meningkatkan dan melanjutkan pembangunan lebih baik lagi dalam memimpin  warganya,” harap warga tersebut.

    Koharrudin. SA selaku Ketua Holistik Insan Penulis dan Wartawan Indonesia (HIPWI)  berkaitan dengan Dana Desa saat dihubungi awak media Suara Semesta melalui selularnya mengatakan bahwa Dana yang sudah digelontorkan oleh pemerintah sebagai salah satu dana stimulan terhadap desa agar masyarakat desa bisa diberdayakan dan hasilnya bisa berdaya,”Jangan lantas dengan adanya Dana Desa menjadikan masyarakat justru buakn diberdaya tapi diperdaya, dengan cara mengguanakan dana tersebut secara pribadi dan golongannya sama halnya tidak bermanfaat malah dimanfaatkan,”tegasnya.  

@Har. SA
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

stop