Suara Semesta (Kab Cirebon) -
Salah satu tahapan krusial pada Pemilihan Serentak 2024 yaitu pencalonan. Tahapan ini menentukan siapa yang akan ditetapkan sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Cirebon dengan berkepastian hukum. Atas dasar hal tersebut, KPU Kabupaten Cirebon menyelenggarakan Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Cirebon dalam Pemilihan Serentak Tahun 2024 kepada Partai Politik dan para pemangku kepentingan lainnya, bertempat di Hotel Patra Cirebon, Sabtu (11/08/2024).

Hadir pimpinan KPU Provinsi Jawa Barat yaitu Ketua Divisi Sumber Daya Manusia, Penelitian dan Pengembangan Abdullah Sapi’i memberikan sambutan, pembekalan dan arahan secara umum terkait tahapan pilkada yang tengah dan yang akan dilaksanakan, dan Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Adie Saputro yang menjadi keynote speaker terkait pelaksanaan pencalonan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah.

Sementara itu hadir secara lengkap unsur pimpinan KPU Kabupaten Cirebon yaitu Ketua KPU Kabupaten Cirebon Esya Karnia Puspawati, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Apendi, Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia Masyhuri Abdul Wahid, Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi Khairil Ridwan, Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan Ujang Kusumah Atmawijaya, dan Sekretaris KPU Kabupaten Cirebon Andartua Sinaga beserta jajaran sekretariat.

Turut berkesempatan memberikan sambutan sekaligus membuka acara Pj Bupati Cirebon Wahyu Mijaya, Kapolresta Cirebon Kombespol Sumarni yang memberikan arahan terkait kondusivitas pada pelaksanaan pendaftaran Pasangan Calon, Dandim 0620 Kabupaten Cirebon Letkol Inf Aditya Wira Respati, Ketua Bawaslu Sadaruddin Parapat, pimpinan dinas terkait, serta perwakilan dari Partai Politik di tingkat Kabupaten Cirebon.

Dalam sambutannya, Esya menegaskan bahwa kegiatan Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Pencalonan ini merupakan salah satu upaya KPU Kabupaten Cirebon dalam memberikan informasi penting terkait pencalonan khususnya syarat pencalonan dan syarat calon kepada peserta pemilihan dalam hal ini Partai Politik. Melalui kegiatan tersebut diharapkan proses pencalonan dapat berjalan lancar sesuai peraturan perundang-undangan.

Kegiatan ini juga menghadirkan narasumber yang memiliki kompetensi dan kapasitas yang relevan dengan tahapan pencalonan yaitu Dosen UII Yogyakarta Solichin yang memaparkan aspek kepemimpinan dalam perspektif akademisi dan Kepala Bapelitbangda Kabupaten Cirebon Dangi yang memberikan panduan dan kerangka terkait penyusunan visi, misi dan program sebagai salah satu persyaratan  wajib disampaikan oleh Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Cirebon di masa pendaftaran.

@Har/Red
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

stop