Suara Semesta | KOTA CIREBON – Pekan QRIS Nasional (PQN) x Road to Festival Rupiah Berdaulat Indonesia (FERBI) 2024 yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon di Grage City Mall (GCM) resmi ditutup pada hari Minggu (18/8). 

Acara ini menarik perhatian banyak pihak, termasuk Pj Wali Kota Cirebon, Drs H Agus Mulyadi MSi, yang memberikan apresiasi atas langkah proaktif Bank Indonesia Cirebon dalam mendorong digitalisasi transaksi keuangan.


Dalam sambutannya, Pj Wali Kota Cirebon menyampaikan bahwa penerapan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) sebagai salah satu metode pembayaran digital kini semakin luas digunakan oleh masyarakat. 

Menurutnya, penggunaan uang elektronik berbasis aplikasi tidak hanya diminati oleh pebisnis besar, tetapi juga telah merambah ke pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). 

“Dengan adanya fitur QRIS, diharapkan pembayaran akan menjadi lebih mudah, cepat, dan aman,” ujarnya.

Acara PQN x Road to FERBI 2024 ini tidak hanya menjadi momentum penting dalam memperkenalkan gaya hidup Cashless Society kepada masyarakat, tetapi juga mencatat pencapaian yang signifikan dalam hal transaksi. 


"Progres untuk pencapaian secara nasionalnya telah melampaui target 200 persen. Semoga ini juga bisa tercapai di wilayah Cirebon," harapnya.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, Anton Pitono, mengungkapkan bahwa selama acara berlangsung, tercatat sebanyak 4.500 transaksi menggunakan QRIS. 

“Kami bersyukur selama berlangsungnya kegiatan ini, transaksi berjalan dengan sangat baik. Pada Pekan QRIS Nasional di Cirebon, kami mencatat 4.500 transaksi dengan menggunakan QRIS,” jelas Anton Pitono.

Lebih lanjut, Anton Pitono menambahkan bahwa akselerasi penggunaan transaksi QRIS terus mengalami pertumbuhan yang signifikan, didukung oleh pemulihan sektor ekonomi masyarakat. 

"Sampai dengan bulan Juni, akselerasi penggunaan transaksi QRIS tumbuh 200 persen, dan sebagian besar di antaranya adalah merchant UMKM. Kami berharap angka ini akan terus bertambah hingga akhir tahun 2024," tambahnya.

Selama tiga hari penyelenggaraan, PQN x Road to FERBI 2024 turut dimeriahkan dengan berbagai kegiatan menarik, termasuk lomba marching band untuk berbagai tingkat pendidikan dan penampilan dari Maliq & The Essentials. Selain itu, hiburan dari komunitas musik K-pop dan band pelajar juga menambah semarak acara, serta showcase UMKM Kuliner Binaan BI dan booth perbankan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Pekan QRIS Nasional di Cirebon ini tidak hanya mengedepankan digitalisasi keuangan, tetapi juga mempertegas komitmen dalam mendukung inklusi keuangan dan memperkuat ekonomi masyarakat melalui inovasi transaksi digital. (Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Cirebon)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

stop