Suara Semesta. Kabupaten Cirebon - Pagi di Desa Kubang, para anggota Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-121 Kodim 0620/Kabupaten Cirebon telah memulai aktivitas mereka. Meskipun matahari baru saja terbit, semangat mereka untuk melanjutkan pembangunan infrastruktur desa yang menjadi tanggung jawab selama program TMMD begitu menggebu.


Setelah apel pengecekan personil, para anggota Satgas bersama warga desa melanjutkan pembangunan jalan desa. Dengan semangat gotong-royong, mereka bahu-membahu menyelesaikan tugas yang telah dibagi. Warga desa tampak antusias, membantu mulai dari mengangkut material hingga meratakan tanah.

Di bawah terik matahari, tidak ada yang merasa lelah. Semangat kebersamaan dan tekad untuk memajukan desa membuat setiap tetes keringat terasa ringan. Anggota Satgas dan warga desa bekerja sama tanpa memandang pangkat atau status, demi kemajuan desa yang mereka cintai.

Sementara itu, beberapa anggota Satgas TMMD ke-121 Kodim 0620/Kabupaten Cirebon yang memiliki keahlian medis mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis untuk warga. Di posko kesehatan, tampak antrian warga yang sabar menunggu giliran untuk diperiksa. Anak-anak, orang tua, dan dewasa mendapatkan layanan kesehatan dengan penuh perhatian dari para prajurit.

Dandim 0620/Kabupaten Cirebon Letkol Inf Aditya Wira Respati menyatakan, "Selain membangun infrastruktur, Satgas TMMD ke-121 Kodim 0620/Kabupaten Cirebon juga peduli terhadap kesehatan masyarakat. Melalui pemeriksaan kesehatan ini, mereka memastikan bahwa warga desa tetap sehat dan bisa berpartisipasi aktif dalam pembangunan desa."

Menjelang siang, istirahat makan siang dilakukan di lokasi dengan hidangan sederhana yang disiapkan oleh warga dan anggota Satgas. Suasana keakraban semakin terasa, di mana mereka saling bertukar cerita dan canda tawa.

Menurut Dandim 0620, "Kebersamaan antara Satgas TMMD dan masyarakat desa tidak hanya terlihat saat bekerja. Di setiap momen, seperti makan bersama ini, tercermin betapa eratnya hubungan yang terjalin selama program TMMD."

Sebagai bagian dari tugas mulia mereka, Satgas TMMD tidak hanya membangun fisik desa, tetapi juga membangun karakter dan wawasan kebangsaan warga. Melalui kegiatan non-fisik seperti sosialisasi, penyuluhan, dan pelatihan, mereka berharap dapat menanamkan semangat nasionalisme yang kuat di hati setiap warga desa.

Pencapaian hingga hari ini dalam Sasaran Fisik meliputi:
- Pembuatan TPT dan badan jalan P. 1.200 M: 100%
- Pengerasan Jalan Lingkar Kliwon P. 1.200 M x L. 3 M: 45%
- Pembuatan Jembatan Cikabar P. 4 M x L. 3,6 M: 100%
- Pembuatan Gorong-gorong 4 x 0,4 x 0,6 M: 0%
- Pipanisasi 500 M: 55%
- Pengerasan Jalan Blok Cibalong P. 300 M x 3 M: 0%
- Pengerasan Jalan Blok Cijeruk P. 450 M x 3 M: 100%
- Pengaspalan Jalan Blok Cibalong P. 300 M x 3 M: 0%
- Pengaspalan Jalan Blok Cijeruk P. 450 M x 3 M: 100%

Sasaran Non-Fisik meliputi:
- Penyuluhan Wawasan Kebangsaan: 50%
- Penyuluhan Bahaya Kebakaran: 100%
- Pelayanan KB gratis: 50%
- Pengobatan Gratis: 50%
- Pelayanan Pembuatan SIM: 100%
- Penyuluhan tentang pentingnya data valid penduduk: 100%
- Penyuluhan Perkoperasian: 100%
- Bimbingan Teknis Kemasan & Digital Marketing: 100%
- Penyuluhan Bahaya Narkoba: 100%
- Penyuluhan Pengelolaan Bank Sampah & Konversi Air: 100%
- Pelatihan Peningkatan Produktivitas Tenaga Kerja: 33,3%
- Pemberian Suplemen tambahan dari Ketua Persit KCK Cabang XXX: 100%

Untuk Sasaran Tambahan Program Unggulan Kasad:
- TMA 2 titik air: 45%
- RTLH 4 Unit: 50%
- Penanganan Stunting: 0%

Kegiatan melibatkan pelibatan personil: TNI 112, Polri 22, Pemda 16, Komcad 4, Masyarakat 100 orang, ujar Dandim 0620.

Totong, salah satu warga Desa Kubang, mengatakan, "Hari yang panjang dan penuh aktivitas ini diakhiri dengan rasa puas dan bangga. Pembangunan yang kami lakukan setiap hari adalah wujud nyata dari dedikasi dan kerja keras untuk memajukan desa. Kebersamaan yang terjalin selama program TMMD ini akan terus dikenang dan menjadi inspirasi bagi generasi mendatang."

Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

stop