Suara Semesta | Kota Cirebon,  Pada hari Selasa, 20 Agustus 2024, sebanyak 35 anggota DPRD Kota Cirebon periode 2024-2029 akan dilantik. Dari jumlah tersebut, 23 merupakan wajah lama atau petahana, sedangkan 12 lainnya adalah wajah baru yang akan bergabung di DPRD.

Pelantikan ini merupakan hasil dari Pemilu yang digelar pada 14 Februari 2024. Proses pengucapan sumpah dan janji jabatan akan dilaksanakan di ruang rapat paripurna DPRD Kota Cirebon, menandai dimulainya masa tugas mereka.

Kepastian tentang pelantikan diperoleh setelah Surat Keputusan (SK) Gubernur Jawa Barat mengenai peresmian pengangkatan anggota DPRD untuk masa jabatan 2024-2029 diterima oleh Sekretariat DPRD Kota Cirebon. SK ini dijemput langsung ke Bandung pada hari Minggu, 18 Agustus 2024, oleh tim Sekretariat DPRD.

Senin, 19 Agustus 2024, telah dilakukan gladi bersih sebagai persiapan untuk prosesi pengucapan sumpah jabatan. Pelantikan hari ini akan dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Cirebon, yang akan memastikan bahwa semua prosesi berjalan lancar.

Sekretaris DPRD Kota Cirebon, Siti Solecha, menginformasikan bahwa pelantikan akan dimulai pada pukul 09.00 pagi. "Insya Allah, pelantikan dimulai pukul 09.00 pagi. SK sudah kami terima dan dijemput dari Bandung pada hari Minggu," ujarnya.

Semua anggota DPRD terpilih diwajibkan mengikuti prosesi pelantikan sebagai syarat untuk dapat menjalankan hak dan kewajibannya. Apabila ada yang berhalangan, anggota dewan terpilih yang belum mengucapkan sumpah harus melakukannya pada forum Rapat Paripurna susulan yang akan dipimpin oleh pimpinan DPRD definitif.

Setelah pelantikan, DPRD Kota Cirebon akan dipimpin oleh dua pimpinan sementara. Pengangkatan pimpinan definitif akan dilakukan melalui SK Gubernur Jawa Barat, yang memerlukan proses administrasi lebih lanjut.

Ketua DPRD Kota Cirebon periode 2019-2024, Ruri Tri Lesmana, menjelaskan bahwa pelantikan mengalami kemunduran jadwal. "Gladi bersih dilakukan pada Senin, dan pelantikan dijadwalkan pada Selasa. Seharusnya pelantikan sudah dilakukan beberapa minggu lalu," kata Ruri.

Ruri juga mengungkapkan bahwa beberapa anggota DPRD yang baru merupakan kalangan anak muda atau milenial. "Beberapa anggota DPRD yang baru ini berasal dari kalangan anak muda," tambahnya.

Ia memastikan bahwa pelantikan akan berlangsung sesuai rencana dan undangan telah disebar ke berbagai instansi, termasuk muspida, SKPD, camat, serta keluarga anggota dewan terpilih.

"Undangan telah disebar kepada muspida, SKPD, camat, dan lainnya. Pelantikan akan dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan," tegas Ruri, menutup pernyataannya.
(Ramadhan).
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

stop