Suara Semesta | CIREBON - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 TNI Angkatan Laut (AL) berlangsung meriah di Dermaga Muara Jati, Pelabuhan Cirebon, Rabu (4/9/2024). Pj Wali Kota Cirebon, Drs H Agus Mulyadi MSi, hadir dalam upacara tabur bunga yang menjadi salah satu puncak perayaan. Upacara ini juga dihadiri oleh jajaran Forkopimda dan dilaksanakan dengan menggunakan KRI Bung Karno 369.


Pj Wali Kota Cirebon, Drs H Agus Mulyadi MSi dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada TNI AL karena Kota Cirebon terpilih sebagai salah satu lokasi perayaan HUT ke-79 TNI AL. 

"Tentunya ini merupakan kebanggaan kami. Kota Cirebon memiliki peran penting dalam kemajuan TNI AL dan memiliki sejarah yang sangat berarti, salah satunya adalah pertempuran KRI Gajah Mada," ujarnya.

Melalui upacara tabur bunga ini, lanjut Pj Wali Kota, menjadi momen refleksi dan penghargaan atas jasa-jasa TNI AL selama ini. Kegiatan ini juga memperkuat sinergi antara TNI AL dan masyarakat, serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya peran TNI AL dalam menjaga keamanan dan kedaulatan bangsa.

Dengan beragam kegiatan sosial dan kemiliteran yang dilakukan dalam rangka HUT ke-79 TNI AL, diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dan memperkuat hubungan antara TNI AL dengan masyarakat setempat. 

"Kami mendukung seluruh rangkaian HUT ke-79 TNI AL, termasuk kegiatan sosial seperti donor darah, pengobatan massal, penanganan stunting, serta bantuan protein dan sembako bagi masyarakat," tambahnya.

Peringatan ini juga menjadi momentum penting untuk mengenang sejarah heroik yang pernah tercatat dalam lembaran sejarah TNI AL dan Kota Cirebon. Lebih lanjut, Pj Wali Kota menyampaikan harapannya agar semangat perjuangan Kapten Samadikun dari pertempuran tersebut dapat memotivasi masyarakat Cirebon saat ini.  

"Kami berharap semangat dan dedikasi para pahlawan yang telah gugur dapat terus menginspirasi generasi penerus," harapnya.

Sementara itu, Wakil Asisten Operasi Maritim (Aspotmar) Kasal, Laksamana Pertama TNI Deni Septiana SIP MAP, menyampaikan bahwa Kota Cirebon dipilih sebagai salah satu lokasi perayaan HUT ke-79 TNI AL karena sejarah heroik pertempuran laut yang pernah terjadi di wilayah ini. 

"Ini menunjukkan betapa besarnya TNI AL sebagai bagian yang terintegrasi dengan masyarakat Cirebon," katanya.

Laksamana Pertama Deni Septiana juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kota Cirebon yang telah berpartisipasi dalam perayaan HUT ke-79 TNI AL dengan penuh semangat dan keceriaan. 

"Kami, atas nama pimpinan AL, sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kota Cirebon, jajaran Forkopimda, dan semua pihak yang telah bekerja sama dalam perayaan ini," ujarnya.

Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan HUT ke-79 TNI AL, Laksamana Pertama Deni Septiana menyebutkan adanya program penanganan stunting yang bertujuan membantu menurunkan angka stunting di Kota Cirebon. 
"Program ini merupakan salah satu wujud nyata komitmen TNI AL dalam mendukung kesehatan masyarakat," tambahnya.

(Ramadhan)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

stop